Categories: BisnisMotivasi

Cara agar tidak nganggur

Bagaimana cara agar tidak menjadi pengangguran? Apalagi dimasa masa yang sangat sulit seperti sekarang ini akibat covid-19

Percayalah kamu tidak sendirian, ada ribuan orang menganggur selain kamu di Indonesia Negara tercinta kita ini

bahkan mimin sendiri orang pengangguran, tetapi mimin sedang berusaha agar tidak menganggur dengan cara saya sendiri yakni menulis untuk sobatku tercinta, hehe 🙂

Rasanya menjadi seorang pengangguran memanglah tidak enak banget sumpah, mau jajan aja harus mikir dulu apalagi ngajak jalan pasangan, untung admin masih jones (jomblo ngenes)

Ngenesnya ilangin aja yah..😁

Sebenarnya kalau ada kemauan dan keniatan pasti ada jalan, cuma faktanya kadang sudah ada niat dan kemauan juga tetep aja ga dapet dapet kerja

Nah sekarang mimin mau mencoba memberi solusi buat kamu biar gak nganggur lagi

Tapi ada syaratnya…

Syaratnya adalah merubah pola pikir…

Yuup… Betul sekali syaratnya hanya satu yakni merubah pola pikir

Sadar nggak sih kamu ini nganggur dan cuma kebingungan buat cari kerja dimana mana yang memang lagi ga ada, atau jika ada juga gak sesuai passion kamu

Inilah alasan paling tepat buat seorang pengangguran, yakni pemikiran yang sudah terdoktrin pada dunia karyawan

Dengan merubah pola pikir, kamu bakalan tahu dan menemukan jawaban atas apa yang kamu alami sekarang ini.

Setelah kamu tahu bahwa kesalahan yang menyebabkan kamu ga keluar keluar dari pengangguran adalah karena pola fikir yang masih terpacu pada dunia karyawan, berarti sekarang saatnya kamu untuk merubahnya

Mencoba melihat keadaan dengan sudut pandang yang berbeda merupakan cara terbaik untuk kamu saat ini agar lebih banyak melihat peluang disekitar kamu.

Solusi keluar dari pengangguran

Sebelum mimin kasih tahu beberapa peluang yang bisa kamu coba biar ga nganggur lagi, ada baiknya kalau mimin kasih tahu sifat sifat utama yang harus kamu miliki, yaitu

  • Pandai melihat peluang
  • Kreatif
  • Berani mengambil resiko

1. Pandai melihat peluang (kreatif)

Tidak dapat kerjaan bukan masalah terbesar, masalah terbesar malahan kalau kita melupakan peluang yang kita miliki

Maksud dari peluang tidak hanya sebatas peluang perekrutan karyawan yah..

Mau pandai musti belajar dulu, tapi tidak untuk kepandaian dalam melihat peluang, pandai melihat peluang muncul dari pemikiran kita secara alami.

Contoh kecil saja, saat ini di dunia online sudah banyak sekali peluang yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan

Menjadi Youtuber misalnya, menjadi youtuber tidak harus menjadi kaya terlebih dahulu untuk membeli berbagai alat pendukung, cukup gunakan smartphone juga sudah bisa menjadi Youtuber.

Mungkin kamu seperti mimin yang malu malu di depan kamera, sehingga menjadi youtuber serasa ada berat beratnya gitu

Jangan berkecil hati, masih banyak peluang lain yang bisa kamu coba, seperti menjadi dropshiper (ga pake modal), reseller, blogger (kayak mimin), dan masih banyak lagi.

2. Kreatif

Ketika kamu melihat sesuatu dengan sudut pandang yang biasa biasa saja maka kamu tidak bakal menemukan sesuatu yang berbeda

Makannya nih kamu wajib banget buat jadi orang yang kreatif,

lihat apa yang ada disekitaran kamu, yang kira kira kalau diolah dengan sedikit perubahan bakal menambah nilai jual

Kamu bisa dikatakan kreatif jika:

  • Mampu menemukan sesuatu yang baru
  • Mampu memoles sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang berbeda sehingga menaikan nilai jual

3. Berani mengambil resiko

Sifat ke 3 yang harus kamu miliki adalah berani mengambil resiko, karena apapun hal yang kita lakukan tidak pernah lepas dari resiko

Mau berwira usaha sendiri, kalau takut resiko ga bakalan jadi usaha kamu, yang ada kamu cuma bakal berandai andai.

Nah 3 sifat diatas adalah sifat utama atau yang mendasari kamu biar ga jadi pengangguran

Berikut ini ada beberapa daftar pekerjaan yang bisa kamu mulai tanpa harus bekerja kepada orang lain (mandiri)

1. Menjadi pedagang

Menjadi pedagang adalah cara terbaik dan tercepat untuk mendapatkan hasil

Kamu jual, ada yang beli, langsung dapat bayaran, skema dasar orang dagang hanya seperti itu kan

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bayaran, tidak seperti karyawan yang memang sudah ditentuin tanggal bayarannya.

Tapi bingung min mau jualan apa…?

Tunggu… Tunggu…

Kamu masih bingung mau jualan apa? Ya ampun sobatku ini… Mimin ikut bingung aja ah..

Ada jutaan barang yang bisa kamu jual, ingat 3 sifat yang kamu harus miliki salah satunya adalah mampu untuk memanfaatkan peluang dan kreatif

Kamu bisa membuat produk rumahan sendiri, seperti mie lidi misalnya atau cemilan unik yang belum ada, kemudian titipkan di warung warung kecil dengan sistem bagi hasil.

Coba sekarang kamu tengok video berikut ini, siapa tahu menjadi inspirasi buat kamu, dengan modal yang sangat minim.

Nggak punya modal sama sekali min… Ngga pandai juga buatnya…

Duh tidur aja sono…

Nggak punya modal bisa dengan cara dropship kok, cari supplier yang mau diajak untuk dropship, atau ikutan di platform web khusus untuk menampung dropshiper

Contoh web yang menampung dropshiper, ada dropshipaja.com, thelittlesnack.com, dusdusan.com dan masih banyak yang lain

Dropship masih menjadi salah satu bisnis tanpa resiko terbaik saat ini, dengan kunci utama adalah kerja keras untuk promosi yang juga harus didukung supplier yang terpercaya tentunya

Dengan berdagang kamu adalah bosnya, walau dagangan kamu masih kecil sekalipun

Bebas mengatur waktu kapanpun kamu suka untuk menjalankannya, bebas menentukan margin keuntungan dan lain lain.

Dengan berdagang otomatis kamu sudah terbebas dari pengangguran, tinggal bagaimana kamu mengolahnya semaksimal mungkin untuk memperoleh keuntungan.

2. Menjual layanan jasa

Punya keahlian yang banyak orang tidak memilikinya merupakan salah satu modal berharga yang sebenarnya bisa mendatangkan rejeki

Ada banyak sekali layanan jasa yang bisa kamu sediakan sesuai keahlian, seperti membuka pangkas rambut, membuka jasa penitipan, jasa laundry, jasa cuci sofa dan lain lain

Jika kamu memiliki keahlian dalam hal tulis menulis, bisa tuh jadi blogger atau freelance penulis lepas disitus situs yang membutuhkan penulis.

Punya keahlian desain grafis, membuat web, membuat template blog atau membuat plugin wordpress bisa disalurkan di situs situs besar tempat para freelance berkumpul seperti fiverr, themeforest dll

3. Lain lain

Berikut daftar pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari pengangguran, dengan modal dibawah 2 juta

  • Menjadi youtuber
  • Menjual makanan ringan
  • Menjual kerajinan
  • Membuka angkringan
  • Membuka pangkas rambut
  • Menjadi dropshiper
  • Menjadi Reseller
  • Menjadi tukang pijat

Baca Juga: 3 langkah memulai bisnis untuk pemula

See you next post..

Orang lain juga bertanya: nganggurPengangguran
Admin

Jangan pernah mengganggap rendah siapapun, karena engkau belum tentu lebih baik darinya...

Recent Posts

4 investasi terbaik untuk semua kalangan

Kesuksesan merupakan keinginan setiap orang, bukan hanya saya dan anda, tetapi keinginan mereka semua tanpa ada kecuali, nah salah satu…

3 hari yang lalu

review aplikasi united pay, aplikasi ppob terbaik

Halo.. kali ini saya ingin mereview aplikasi united pay yang dulunya adalah united tronik, yaitu sebuah aplikasi untuk pembayaran digital,…

2 minggu yang lalu

✓[panduan] Cara memulai bisnis pangkas rambut dari 0 sampai sukses

Ingin memiliki usaha bisnis pangkas rambut atau babershop tapi masih bingung harus memulai dari mana? Ikuti tips dan panduan memulai…

1 bulan yang lalu

3 Cara menghapus background foto tanpa aplikasi

Bagaimana cara menghapus background foto tanpa aplikasi? - Banyak diantara pengguna smartphone yang malas untuk mengunduh aplikasi padahal sebenarnya membutuhkan,…

1 bulan yang lalu

Pengertian domain, contoh dan manfaatnya di sebuah website

Bagaimana kamu bisa disebut blogger yang profesional jika ditanya seseorang tentang apa itu domain? belum mampu menjawabnya tanpa melihat teks Sekarang…

2 bulan yang lalu

pengertian blog, jenis dan fungsinya

Setelah kamu membaca siapa itu blogger, sekarang kamu akan belajar mengenai pengertian blog dan fungsinya Tapi sebelumnya akan saya ingatkan…

2 bulan yang lalu